Tentang Kami

Blog ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana dalam menyediakan informasi seputar akuntansi dan perpajakan di Indonesia, dimana isi dari blog ini berdasarkan dari berbagai sumber dan pengetahuan yang kami miliki. Tentu kami sangat mengharapkan masukan-masukan dari anda agar blog ini dapat lebih memenuhi kebutuhan anda akan informasi yang anda inginkan.

20 November 2008

Konsep Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi merupakan suatu konsep yang berlaku secara umum mengenai suatu asumsi, pandangan maupun pendapat di dalam menyajikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukan.


Konsep Kesatuan Usaha
Dalam konsep kesatuan usaha, perusahaan merupakan suatu kesatuan ekonomi yang terpisah dari pihak yang berkepentingan dengan sumber perusahaan. Artinya bahwa keuangan perusahaan terpisah dari pemilik, terpisah dari keuangan karyawan dan terpisah juga dari keuangan direksi. Sehingga perusahaan dapat dianggap sebagai satu kesatuan usaha.

Konsep Harga Perolehan
Konsep ini merupakan setiap transaksi pembelian suatu barang harus dicatat sebesar harga perolehan tersebut. Misalnya, dibeli sebuah peralatan seharga Rp. 10.000.000,00 sebelum operasi masih diperlukan biaya pemasangan Rp.500.000,00 maka harga perolehan menjadi Rp. 10.500.000,00 (Rp.10.000.000,00 + Rp. 500.000,00). Sehingga nilai inilah yang dicatat dalam akuntansi. Harga perolehan merupakan jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu unit barang atau jasa dalam pertukaran hingga barang tersebut siap digunakan.

Konsep Kesinambungan
Perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya, tentu akan berupaya untuk melakukan kegiatan perusahaan secara berkesinambungan atau secara terus menerus. Dalam proses usaha tersebut, laporan keuangan perusahaan harus dibuat. Laporan keuangan yang disusun secara periodik dapat dibandingkan sehingga diperoleh informasi mengenai kemajuan atau kemunduran perusahaan. Dengan membandingkan laporan keuangan dari satu periode dengan periode lainnya dapat diperoleh suatu data yang pasti tentang naik turunnya pendapatan dan biaya, sebagai dasar dalam membuat suatu kebijaksanaan dalam memajukan perusahaan.

Konsep Pengukuran dengan Uang
Pengukuran dengan nilai uang maksudnya bahwa seluruh informasi utama dalam laporan keuangan diukur berdasarkan satuan ukur uang, oleh karena itu uang sudah umum digunakan dalam mengukur aktiva, kewajiban perusahaan serta perubahannya.

Periode Akuntansi
Kegiatan perusahaan dipisahkan dalam periode-periode. Penyajian informasi berupa laporan keuangan yang dilakukan secara berkala akan membantu pihak yang berkepentingan dalam mengambil suatu keputusan. Misalnya per tahun, triwulan atau semesteran.

Penetapan Biaya dan Pendapatan
Penetapan biaya dan pendapatan perusahaan diakui dalam periode yang bersangkutan, sehingga biaya dan pendapatan yang terjadi benar-benar telah direalisasikan. Perhitungan laba/rugi yang dilaporkan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam suatu periode tertentu.

Tidak ada komentar:

  © Blogger template Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP